CONTOH PERFORMANCE ASSEMENT (Penilaian Unjuk Kerja), PROYEK DAN INVESTIGASI
TUGAS EVALUASI
CONTOH PERFORMANCE ASSEMENT (Penilaian Unjuk Kerja),
PROYEK DAN INVESTIGASI
Dosen Pembina: Prof. DR.Ahmad Fauzan M.Pd,M.Sc
Oleh
ASMI YURIANA DEWI (51996)
KONSENTRASI PENDIDIKAN MATEMATIKA
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2010
CONTOH PROYEK DAN INVESTIGASI, PERFORMANCE ASSEMENT (Penilaian Unjuk Kerja)
- Proyek dan Investigasi
Proyek dan investigasi merupakan salah satu asesmen yang dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri siswa untuk mengarahkan semua potensi dalam menaggapi, mengatasi masalah yang dihadapi dengan caranya sendiri.
Rubrik Penskoran umum untuk penilaian proyek dan investigasi, sebagai berikut:
Tingkat (Level) | Kriteria Umum (*) |
4 Superior | • Menunjukkan pemahaman yang tinggi tentang permasalahan dan konsep yang dipelajari
• Menggunakan strategi investigasi yang patut di contoh • Kesimpulan yang disajikan benar dan di dukung oleh penyelidikan • Laporan tertulis patut di contoh • Diagram/ tabel/ grafik tepat (sesuai dengan permintaan)
• Melebihi pemecahan masalah yang diinginkan |
3 Memuaskan dengan sedikit kekurangan | • Menunjukkan pemahaman terhadap permasalahan dan konsep yang dipelajari
• Menggunakan strategi investigasi yang cocok • Kesimpulan yang disajikan benar dan sebagian besar didukung oleh penyelidikan • Laporan tertulis efektif • Diagram/ tabel/ grafik akurat dan cocol • Memenuhi semua persyaratan studi yang efektif |
2 Cukup memuaskan dengan banyak kekurangan | • Menunjukkan pemahaman terhadap sebagian besar permasalahan dan konsep yang dipelajari
• Sebagian besar strategi investigasi yang digunakan cocok • Kesimpulan yang disajikan sebagian besar akurat tetapi tidak didukung oleh penyelidikannya • Laporan tertulis sebagian besar efektif • Diagram/ tabel/ grafik sebagian besar akurat tetapi mungkin tidak cocok • Memenuhi sebagian besar persyaratan studi yang efektif |
1 Tidak memuaskan | • Menunjukkan pemahaman yang rendah atau tidak sama sekali tentang permasalahan dan konsep yang dipelajari
• Menggunakan strategi investigasi yang tidak cocok • Kesimpulan yang disajikan sebagian besar keliru • Laporan tertulis hamper semua tidak efektif • Diagram/ tabel/ grafik semua tidak akurat dan tidak cocok • Tidak mememuhi semua persyaratan studi yang efektif |
(*) Penambahan kriteris khusus sesuai materi
Contoh :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Sem : VIII
Kompetensi Dasar : Menyatakan bentuk fungsi dan menghitung nilai fungsi
Indikator : Menghitung nilai fungsi
- Buatlah sebuah mesin yang dikenal dengan mesin fungsi. Mesin tersebut digambarkan sebagai benda berbentuk kotak besar yang memiliki dua lubang. Satu lubang dipakai sebagai pintu masuk bilangan-bilangan, sedangkan lubang yang kedua dipakai sebagai pintu keluarnya bilangan-bilangan yang telah mengalami pengolahan. Pengolahan merupakan operasi fungsi tersebut.
- Buatlah beberapa kartu bilangan dari karton manila berwarna merah yang ditulisi bilangan asli 1 sampai 20 (sebagai kartu peubah bebas). Buat pula beberapa kartu bilangan berwarna biru yang ditulisi bilangan asli 1 samapai 100 (sebagai kartu peubah terikat).
- Dengan menggunakan mesin fungsi yang telah dibuat, lakukan bersama teman-teman sekelempokmu kegiatan mempraktekkan cara kerja mesin fungsi sebagai berikut :
a. Tunjuklah tiga orang teman dari kelompokmu untuk menjadi operator mesin fungsi. Seorang sebagai operator kartu merah (yang memuat domain) dan dua orang lagi sebagai operator kartu biru yang memuat range.
b. Operasikan mesin fungsi untuk fungsi : f(x)= -3x
- Cara bermainnya:
a. Tentukan fungsi yang akan dimainkan dari fungsi yang sudah disiapkan kartu-kartunya.
b. Mintalah seseorang temanmu yang lain, tetapi masih dari kelompokmu untuk menyebutkan satu bilangan asli yang merupakan salah satu domain dari fungsi tersebut.
c. Operator kartu merah memasukkan bilangan yang disebutkan tadi ke dalam mesin fungsi.
d. Berikan waktu kepada operator kartu biru untuk menghitung sehingga diperoleh bilangan yang tepat sebagai range dari fungsi itu. Keluarkan kartu biru yang memuat bilangan (range) tersebut.
e. Periksalah oleh teman yang lainnya sebagai pengamat, benarkah bilangan pada kartu biru yang dikeluarkan itu sebagai rangenya. Bila benar katakan benar. Bila salah katakana salah.
- Lakukan langkah-langkah tersebut untuk setiap kelompok dan buatlah laporan tertulis tentang :
a. Cara memainkan mesin fungsi untuk suatu fungsi tertentu.
b. Siapa saja yang menjadi operator mesin fungsi
c. Fungsi apa yang dipakai untuk memainkan mesin fungsi tersebut dan hasil nya!
Rubrik Penilaian
Tingkat (Level) | Kriteria Khusus |
4 Superior | • Menunjukkan pemahaman yang tinggi tentang permasalahan dan konsep fungsi
• Melakukan proses penyelidikan dengan benar • Range yang diperoleh tepat dan akurat • Bekerja sama dengan baik. • Menyusun pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi dengan baik tepat dan sistematis. • Melebihi pemecahan masalah yang diinginkan |
3 Memuaskan dengan sedikit kekurangan | • Menunjukkan pemahaman terhadap permasalahan dan konsep fungsi
• Melakukan proses penyelidikan dengan benar • Range yang diperoleh benar • Bekerja sama dengan baik. • Menyusun pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi dengan baik tepat |
2 Cukup memuaskan dengan banyak kekurangan | • Menunjukkan pemahaman terhadap sebagian besar permasalahan dan konsep fungsi.
• Sebagian besar melakukan proses penyelidikan dengan benar • Sebagian besar range yang diperoleh benar • Sebagian besar bekerja sama dengan baik • Sebagian besar menyusun pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi dengan baik tepat |
1 Tidak memuaskan | • Menunjukkan pemahaman yang rendah atau tidak sama sekali tentang permasalahan dan konsep fungsi
• Proses penyelidikan dilakukan kurang tepat • Range yang dihasilkan kurang tepat • Kurang adanya kerjasama • Pasangan nilai peubah dan nilai fungsi tidak tepat. |
- Performance Assement (Penilaian Unjuk Kerja)
. Penilaian unjuk kerja atau performance assesment adalah penilaian belajar siswa yang meliputi semua penilaian dalam bentuk tulisan, produk atau sikap kecuali bentuk pilihan ganda, menjodohkan, benar-salah, atau jawaban singkat. Merancang dan melaksanakan penilaian unjuk kerja menghabiskan energi dan waktu yang lebih banyak daripada membuat dan melaksanakan tes konvensional. Penilaian unjuk kerja memiliki kelebihan dapat mengungkap potensi siswa dalam memecahkan masalah, penalaran, dan komunikasi dalam bentuk tulisan maupun lisan.
Rubrik Penskoran umum untuk penilaian unjuk kerja, sebagai berikut:
Tingkat (Level) | Kriteria Umum |
4 Superior | • Menunjukkan pemahaman yang lebih terhadap konsep-konsep
• Menggunakan strategi-strategi yang sesuai • Komputasinya (perhitungan) benar • Penjelasan patut dicontoh • Diagram/ tabel/ grafik tepat (sesuai dengan permintaan) • Melebihi pemecahan masalah yang diinginkan |
3 Memuaskan dengan sedikit kekurangan | • Menunjukkan pemahaman terhadap konsep-konsep
• Menggunakan strategi yang sesuai • Komputasi sebagian besar benar • Penjelasan efektif • Diagram/ tabel/ grafik sebagian besar tepat • Memenuhi semua pemecahan masalah yang diinginkan |
2 Cukup memuaskan dengan banyak kekurangan | • Menunjukkan pemahaman terhadap sebagian besar konsep-
konsep • Tidak menggunakan strategi yang sesuai • Komputasi sebagian besar benar • Penjelasan memuaskan • Diagram/ tabel/ grafik sebagian besar tepat • Memenuhi sebagian besar pemecahan masalah yang diinginkan |
1 Tidak memuaskan | • Menunjukkan sedikit atau tidak ada pemahaman terhadap konsep-konsep • Tidak menggunakan strategi yang sesuai • Komputasi tidak benar • Penjelasan tidak memuaskan • Diagram/ tabel/ grafik tidak tepat • Tidak mememuhi pemecahan masalah yang diinginkan |
Selain menggunakan rubrik tersebut, guru dapat melakukan dengan cara yang lebih sederhana, yaitu dengan menggunakan bantuan kartu penilaian. Dalam kartu penilaian berisi komponen-komponen unjuk kerja yang akan dinilai. Setiap komponen dinilai dengan menggunakan skala penilaian, missal 1 : tidak benar, 2 : kurang benar, 3 : benar tetapin kurang sempurna, dan 4 : sempurna. Bentuk kartu penilaian seperti :
No | Standar Unjuk Kerja | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Menunjukkan pemahaman terhadap konsep-konsep | ||||
2. | Menggunakan strategi-strategi yang sesuai | ||||
3. | Komputasinya benar | ||||
4. | Tulisan penjelasannya tepat | ||||
5. | Diagram/table/grafik tepat (sesuai dengan penerapannya) |
Dari hasil tugas unjuk kerja digunakan untuk mendiskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah melalui kegiatan unjuk kerja. Skor minimum, median skor dan maksimum skor diperoleh dengan rumus :
Skor minimum = 1 x banyaknya standar unjuk kerja
Skor maksimum = 4 x banyaknya standar unjuk kerja
Pada kartu penilaian terdapat 5 standar unjuk kerja yang akan dinilai, maka nilai minimum yang akan dicapai siswa adalah 5 dan nilai maksimum yang dapat dicapai siswa adalah 20. Rentangan nilai tersebut dibagi dalam 4, antara lain:
6 – 10 : Gagal
11- 15 : Kurang berhasil
16-20 : Berhasil
Contoh:
Mata Pelajaran Kelas/ Sem Kompetensi Dasar Indikator Materi
: Matematika
: VIII
: Menyatakan bentuk fungsi dan menghitung nilai fungsi
: Menghitung nilai fungsi
Fungsi
|
Dengan menggunakan mesin fungsi yang telah kamu buat, lakukan bersama teman-teman sekelompokmu kegiatan mempraktekkan cara kerja mesin fungsi untuk fungsi-fungsi berikut :
a. F(x)= -3x
b. F(x)= -3x + 2
c. F(x)= -2x-2
d. F(x)= 5x-2
Perlihatkan di depan teman-temanmu kegiatan mempraktekkan mesin fungsi milik kelompokmu itu untuk fungsi-fungsi tersebut!
Penilaian
Konsep Matematika
Dalam tugas ini siswa harus menerapkan konsep-konsep: fungsi. Siswa harus mengoperasikan bilangan yang menjadi domain, untuk memperoleh range.
Rubrik
Tingkat (Level) | Kriteria Umum |
4 Superior | • Menunjukkan pemahaman yang lebih terhadap konsep fungsi
• Menggunakan strategi-strategi yang sesuai dengan cara kerja mesin fungsi • Komputasinya (perhitungan) benar • Penjelasan patut dicontoh • Diagram/ tabel/ grafik tepat (sesuai dengan permintaan) • Melebihi pemecahan masalah yang diinginkan |
3 Memuaskan dengan sedikit kekurangan | • Menunjukkan pemahaman terhadap konsep fungsi
• Menggunakan strategi yang sesuai dengan cara kerja mesin fungsi • Komputasi sebagian besar benar • Penjelasan efektif • Diagram/ tabel/ grafik sebagian besar tepat • Memenuhi semua pemecahan masalah yang diinginkan |
2 Cukup memuaskan dengan banyak kekurangan | • Menunjukkan pemahaman terhadap sebagian besar konsep-
fungsi • Tidak menggunakan strategi yang sesuai dengan cara kerja mesin fungsi • Komputasi sebagian besar benar • Penjelasan memuaskan • Diagram/ tabel/ grafik sebagian besar tepat • Memenuhi sebagian besar pemecahan masalah yang diinginkan |
1 Tidak memuaskan | • Menunjukkan sedikit atau tidak ada pemahaman terhadap konsep menentukan nilai fungsi • Tidak menggunakan strategi yang sesuai dengan cara kerja mesin fungsi • Komputasi tidak benar • Penjelasan tidak memuaskan • Diagram/ tabel/ grafik tidak tepat • Tidak mememuhi pemecahan masalah yang diinginkan |
Kartu penilaian sebagai alat bantu:
No | Standar Unjuk Kerja | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Menunjukkan pemahaman terhadap konsep fungsi | ||||
2. | Menggunakan strategi-strategi yang sesuai cara kerja mesin fungsi | ||||
3. | Komputasinya benar | ||||
4. | Tulisan penjelasannya tepat | ||||
5. | Diagram/table/grafik tepat (sesuai dengan penerapannya) |
good
nice posting kak,, thanks.. sangat bermanfaat untuk tugas akhir saya. tapi saya mw nanya detail cara menyusun rubrik penilaian. tolong kirm ke email kalau tidak kebertan.. terimakasih kak..
sama-sama
benar2 bermanfaat sekali
terima kasih sudah membagi ilmu^^
makasih..sma2
makasihh
jadi tambah ilmunya
thx banget ya udah di share…
bener” berguna.. ^.^